0

Penemuan Batu Giok 20 Ton Hebohkan Aceh

Penemuan Batu Giok 20 Ton Hebohkan Aceh

Batu giok raksasa dengan berat kurang lebih 20 ton ditemukan oleh Penduduk Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong Ateuh, Kab. Nagan Raya, Aceh, di hutan lindung kurang lebih lokasi tinggal mereka, Selasa (10/2/2015) lalu. 

Penemuan batu mulia itu tak memunculkan keributan antar-warga seperti yang diberitakan di banyaknya media. 

“Tidak benar apabila ada informasi antar warga berlangsung keributan sampai kejar kejaran gunakan senjata tajam (parang). Penduduk cuma melarang buat tak membawa batu itu sementara waktu lantaran sedang ada penertiban dari pemerintah setempat,” kata Ipda Banta Amad, Kapolsek Betuong, sama seperti dikutip Kompas. com, Selasa (17/2/2015). 

Menurut Amad, batu giok super besar ini yang sudah dipasang garis polisi itu ditemukan oleh salah satu orang pemuda yatim penduduk desa setempat. Tetapi, penemuan itu giok itu bersamaan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Kab Nagan Raya yang melarang masyarakat untuk mencari batu di kawasan hutan lindung. 

“Jadi dikarenakan takut melanggar, pemuda itu tak berani ambil batu yang ditemukannya. Tetapi, pada waktu tengah malam hari, ada jumlahnya orang yang membawa batu dengan cara diam-diam maka perbuatan mereka tercium oleh penduduk desa tetangga (Desa Meunasah Teungoh) maka mereka serentak beramai-ramai masuk ke tempat batu kurang lebih pukul 24.00 WIB,” ujarnya. 

Kehadiran puluhan masyarakat Desa Meunasah teungoh ke tempat batu itu bertujuan untuk mencegah supaya batu giok tak dipotong sebelum ada peraturan resmi dari pemerintah. 

Setibanya di tempat batu giok, banyaknya orang yang sedang membawa batu mendengar kehadiran orang dan mereka menghentikan aktivitasnya. “Kemudian mereka di tengah malam hari itu bubar, tiada keributan,” menurutnya. 

Menurut kabar yang ada, batu giok dengan mutu bagus sesudah dipoles menjadi batu akik harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Bila ukuran batunya hingga segede itu, dengan berat mencapai 20 ton pasti nilainya amat sangat luar biasa.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Penemuan Batu Giok 20 Ton Hebohkan Aceh semoga dapat menambah wawasan kalian semua. Terima kasih.
Previous
Next Post »