0

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Alessandro Volta

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Alessandro Volta

Hari ini Google Doodle menampilkan logo yang tidak biasa dengan animasi logo menyala seiring meningkatnya tegangan listrik dari dua buah logam. Logo yang juga biasa disebut dengan Google Doodle ini adalah merupakan penghormatan terhadap penemu baterai pertama kali yaitu Alessandro Volta yang merayakan hari ulang tahun ke 270 hari ini.

Alessandro Volta mempunyai nama panjang yaitu Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta  lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan yang kini bernama Italia, 18 Februari 1745 meninggal di Como, Lombardi-Venetia, Italia, 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun ia adalah seorang fisikawan Italia. Dia dikenal dikarenakan mengembangkan alat yang bernama baterai pada tahun 1800.

Ia melanjutkan pekerjaan dari Luigi Galvani dan membuktikan teori Galvani yang bernama efek kejutan kaki kodok adalah salah. Faktanya, efek ini muncul karena 2 logam tidak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta atau nama lainnya Voltac Pile. Dari jasanya tersebut, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

Google memang tengah merayakan hari ulang tahun penemu baterai volta, Alessandro Volta yang jatuh pada hari ini. Alessandro Volta, lahir pada 18 Februari tahun 1745. Sehingga hari ini merupakan peringatan ulang tahunnya yang ke 270 tahun.

Ketika kalian membuka halaman muka Google kalian akan mendapat sebuah animasi baterai volta yang dialiri oleh elektrisitas yang membuat logo itu menyala. Pada sisi kiri dan kanan terdapat rumus seng yakni (Zn –> Zn2+ + 2e-) dan (2h+ + 2e- –> H2).

Alessandro Volta ialah seorang fisikawan pintar yang berasal dari negeri pizza Italia yang mempelajari kapasitansi listrik dan juga mengembangkan tentang apa itu potensi listrik (V) dan muatan (Q). Dengan penemuannya ini kita abadikan namanya menjadi nama satuan beda potensial listri, yaitu volt.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Alessandro Volta semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.
Previous
Next Post »